Manfaat Senam Irama, Mulai dari Fisik hingga Mental

Cerita NusantaraSenam irama merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan fisik. Seperti namanya, jenis latihan ini melibatkan iringan musik yang berirama. Gerakan pada senam irama mulai dari cepat hingga lambat dan mengikuti irama musik yang mengiringi. 

Olahraga ini terkenal untuk menyehatkan dan melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara stabil. Selain menjaga kesehatan jantung, senam irama juga memiliki manfaat lain bagi tubuh. Berikut penjelasannya. 

Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Senam irama utamanya dilakukan untuk melatih kemampuan gerak seseorang. Oleh karena itu, olahraga ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan tulang. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan gerak serta fleksibilitas tubuh. 

Memperbaiki Bentuk Tubuh

Selain melatih kekuatan otot, senam irama dapat mengencangkan otot. Secara tidak langsung, hal ini bisa memengaruhi bentuk tubuh. Terutama otot tubuh pada bagian lengan, perut, pinggul, dan paha. Jika otot-otot mengencang, maka bentuk tubuh akan terlihat lebih proporsional. 

Melatih Keseimbangan Tubuh

Tak hanya memengaruhi kekuatan fisik, olahraga ini juga mampu melatih keseimbangan tubuh. Sebab setiap gerakan dari senam irama perlu diselaraskan dengan irama musik yang mengiringi. Kondisi ini membuat senam irama dapat membantu mengoptimalkan kemampuan motorik tubuh. 

Selain kesehatan fisik, senam irama juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan mental? Berikut penjelasannya. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Senam irama membutuhkan ketelatenan untuk menguasainya. Ketika seseorang sudah menguasai senam irama, mereka akan cenderung merasa puas yang berdampak pada rasa percaya diri. Selain itu, senam irama dapat membangun interaksi sosial karena dilakukan secara berkelompok. Secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh pada kepercayaan diri. 

Melatih Kemampuan Otak

Olahraga penuh gerakan ini disebut dapat melatih kemampuan otak. Sebab senam irama membutuhkan konsentrasi agar setiap gerakan sesuai dengan alunan musik. Tak hanya itu, gerakan senam irama juga perlu dihafal. Maka dari itu, daya ingat seseorang akan lebih terlatih saat melakukan senam irama. 

Itulah sejumlah manfaat dari olahraga senam irama, semoga bermanfaat!

Sumber: Siloam Hospitals