Baru punya momongan? yuk lakukan tummy time!

Ceritanusantara.com,- Tumbuh kembang bayi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh Mom & Ayah, bayi yang mulai berbicara, mulai berguling, mulai duduk, mulai merangkak, bahkan saat bayi mulai berjalan haruslah berada di bawah pantauan Mom & Ayah. Hal ini dilakukan agar bayi tidak berada dalam kondisi berbahaya karena melakukan gerakan tersebut tanpa pantauan dari orang tua.

Salah satu kondisi yang menjadi bagian dari pertumbuhan & perkembangan bayi yaitu tummy time. Dengan melakukan ini, secara tidak langsung Mom & Ayah bisa membantu bayi mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak. Oleh karena itu penting untuk Mom & Ayah untuk mengajari tummy time.

Apa itu Tummy Time Pada Bayi?
Tummy time adalah salah satu latihan pertama bayi untuk bangun dan tengkurap, ini merupakan latihan yang penting karena akan membantu bayi dalam melakukan perkembangan motorik, visual, dan sensorik bayi.

Dengan dilakukannya tummy time pada bayi akan membuat tumbuh kembang bayi semakin berjalan dengan lancar. Mom & Ayah juga bisa melakukan tummy time pada bayi sepanjang tahun pertama, dengan begitu bayi akan mendapatkan pertumbuhan serta perkembangan secara pesat dan berbagai fungsi organ tubuhnya akan berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Perlu Mom & Ayah ketahui juga bahwa terdapat banyak manfaat tummy time yang akan sangat berguna untuk bayi, manfaat tummy time sendiri bisa dirasakan dan dilihat langsung oleh Mom & Ayah melalui pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sangat pesat dan juga terlihat secara nyata.

Lalu, Apa Saja Manfaat Tummy Time?
Penting untuk Mom & Ayah mengetahui berbagai manfaat tummy time yang akan sangat berguna untuk tumbuh kembang bayi. Berikut ini beberapa manfaat tummy time untuk bayi :

Untuk mengembangkan otot inti leher, punggung, dan otot bahu.
Untuk memenuhi tonggak perkembangan
Untuk membantu mencegah keterlambatan dan kondisi motorik dini, seperti sindrom kepala datar dan leher bengkok.
Untuk memperkuat lengan bayi sehingga dapat merangkak dan duduk dengan sendiri.
Untuk mencegah bintik-bintik datar di bagian belakang kepala bayi.

Mom & Ayah bisa mengetahui berbagai manfaat tummy time pada bayi dan melakukannya secara perlahan agar bayi mulai menguasainya dengan baik dan tidak terjadi kesalahan pada tummy time bayi. Dengan manfaat tummy time diatas diharapkan Mom & Ayah bisa mulai melakukan tummy time untuk bayi masing-masing, akan tetapi pastikan Mom & Ayah melakukan tummy time secara benar atau juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak agar tidak terjadi kesalahan.