Telkomsel ungkap Strategi Jaga Kualitas Jaringan jelang Arus Mudik

Cerita Nusantara – VP Corporate Communication & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengungkapkan strategi untuk menjaga kualitas jaringan selama masa libur Lebaran dan mudik tahun ini. Dia menyebutkan bahwa Telkomsel telah menyiapkan 444 titik point of interest dan telah memulai optimalisasi jaringan di area-area khusus.

Area-area khusus tersebut meliputi pelabuhan, bandara, stasiun, rumah ibadah, alun-alun, dan beberapa titik lainnya. Menurut Saki, saat ini banyak pemudik yang bergerak, dengan data pemerintah menunjukkan bahwa diperkirakan akan ada lebih dari 190 juta pemudik di Indonesia. Telkomsel memprediksi akan terjadi peningkatan traffic data sekitar 13-15%, yang didominasi oleh online gaming sebesar 40%, video streaming sebesar 22%, e-commerce hampir 10%, dan sosial media.

Telkomsel juga akan melakukan optimalisasi jaringan di daerah-daerah tersebut dengan menggunakan open digital architecture (ODA) dengan otomasi jaringan yang terjaga. Mereka juga akan meningkatkan service level dan kualitasnya dengan harapan bisa melebihi ekspektasi pelanggan.

Selain itu, Telkomsel juga mengantisipasi lonjakan permintaan selama bulan Ramadan dengan memantau pergerakan data dari pemudik di titik-titik tertentu. Mereka akan menganalisis data tersebut menggunakan machine learning untuk terus meningkatkan dan memperbaiki layanan mereka.

Area-area yang membutuhkan kapasitas lebih akan dioptimalisasi dengan otomasi jaringan, dimana Telkomsel saat ini juga menggunakan konfigurasi melalui algoritma kecerdasan buatan (AI).

Dengan strategi ini, Telkomsel berharap dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan, sehingga saat mudik dan tiba di kota tujuan, pelanggan dapat menikmati semua layanan streaming dan internet dengan baik.

 

Sumber : cnbcindonesia.com